Wanita Berpengaruh Dalam Sejarah Indonesia

5 Wanita Paling Berpengaruh Dalam Sejarah Indonesia

Apabila Anda seorang yang menyenangi sejarah, karenanya 5 wanita ini seharusnya Anda selisik lagi kehebatannya dalam sejarah Indonesia. Kelima wanita hebat berikut ini sudah mencatatkan namanya menjadi wanita berdampak dalam sejarah Indonesia.

  • Tri Rismaharini
    Inilah sosok wanita pembawa perubahan bagi pemerintahan Surabaya, tempatnya mengabdi sebagai wali kota. Tri Rismaharini diketahui benar-benar tegas pada tiap-tiap pebuatan dan perkataannya.
    Tri Rismaharini adalah wanita pertama dalam sejarah Indonesia yang dipilih secara seketika mejadi wali kota melewati pemilihan kepala tempat sepanjang sejarah demokrasi pada era reformasi. Prestasi lain yang tak keok mencengangkan ialah, Tri Rismaharini sudah berulang kali mencatatkan namanya dalam daftar pemimpin terbaik dunia.
  • Maria Walanda Maramis
    Wanita kelahiran Sulawesi Utara pada 1 Desember 1872 ini diketahui sebagai wanita yang membawa perubahan dan pendobrak kultur dengan mengusahakan berkembanganya situasi wanita Indonesia di abad ke 21. Dia juga adalah sosok pejuang wanita yang mengedepankan kemajuan dan emansipasi wanita pada dunia politik dan pengajaran.
    Untuk mengenang jasanya hal yang demikian, tiap-tiap tanggal 1 Desember diperingati sebagai hari Ibu Maria Walanda Maramis dan juga dibuatkan patung Walanda Maramis yang terdapat di Kelurahan Komo Luar, Kecamatan Weang, di sentra Kota Manado.
  • Fatmawati
    Siapa yang tak mengetahui perempuan hebat yang satu ini? Menemani presiden pertama RI, Ir. Sorekarno, dan juga adalah pejuang wanita yang menjahit Sang Saka Merah Putih dan dikibarkan pada dikala proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.
    Pada masanya, Fatmawati juga aktif dan terjun dalam beragam aktivitas kemanusiaan dengan sistem menggalang dana untuk mendirikan rumah sakit. Sebab jasa-jasanya itulah, layak rasanya beliau memperoleh predikat salah satu wanita paling berdampak dalam sejarah Indonesia.
  • Susi Susanti
    Lahir dengan nama orisinil Lucia Francisca Susi Susanti, atlet bulutangkis ini adalah salah satu dari 5 wanita berdampak di Indonesia. Prestasinya di bidang olahraga sampai dikala ini masih saja dikenang dan menjadi salah satu tonggak sejarah kebangkitan Indonesia di ajang Olimpiade.
    Wanita kelahiran 11 Februari 1971 ini berdonasi emas pada cabang olah raga badminton. Sebab prestasinya hal yang demikian, Internasional Badminton Federation atau yang kini diketahui dengan Badminton World Federation memberikan penghargaan Hall Of Fame pada tahun 2004 lalu.
  • Dian Pelangi
    Mempunyai nama orisinil Dian Wahyu Utami, wanita ini membawa perubahan bagi dunia fesyen muslim tanah air. Dengan darah dan gairah mudanya di dunia fesyen, serta dtunjang dengan kesanggupan yang mumpuni, seharusnya rasanya wanita satu ini ditempatkan dalam jajaran wanita berdampak di Indonesia.
    Dengan hadirnya karya-karya desain busana muslim wanita yang menawan dan modis, banyak wanita Indonesia yang menentukan berjilbab dan mantap menutup aurat. Dian Pelangi juga mengharumkan nama Indonesia di ajang dunia dengan meniru beragam pagelaran fashion show busana muslim di luar negeri.

Itulah tadi, 5 Wanita yang benar-benar berdampak dalam sejarah Indonesia yang patut Anda tahu. Semoga prestasi mereka dapat membikin kita lebih gigih. Mereka juga menjadi bukti bahwa wanita tak cuma dapat berdiam di rumah, namun juga dapat mengepakkan sayap tanpa wajib melupakan kodratnya. (AH)